Blogroll

Minggu, 12 Juni 2016

ATASI GEJOLAK HARGA SAAT LEBARAN



ATASI GEJOLAK HARGA SAAT LEBARAN
Oleh : Shella Elly Sritrisniawati (130810101093)
Jurusan Ilmu ekonomi Studi Pembangunan angkatan 2013, Konsentrasi Ekonomi Moneter, Fakultas Ekonomi Universitas Jember

Kenaikan harga pangan memang menjadi hal yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi dalam kondisi bulan ramadhan dan menjelang lebaran. Perlu adanya penanganan yang cepat terhadap tingginya harga pangan dan bahan kebutuhan pokok lainnya. Kenaikan tersebut diakibatkan karena panjangnya rantai pemasok dan jalur distribusi yang memakan waktu lama. Panjangnya rantai pemasok telah mengakar dan butuh upaya yang lebih keras lagi untuk memperbaikinya. Dalam mengatasi hal tersebut pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Mengubah struktur pasar yang menguntungkan bagi petani dan para konsumen membutuhkan ketegasan hukum yang kuat.
            Dalam jangka pendek pemerintah harus melakukan upaya untuk memangkas rantai pemasok dengan menyelenggarakan operasi pasar murah dibeberapa tempat diseluruh Indonesia. Dengan hal tersebut diharapkan masyarakat dapat membeli sembako dengan harga yang murah sehingga operasi pasar tersebut tepat mengenai sasaran. Tingkat konsumsi masyarakat selama bulan puasa seharusnya sedikit berkurang karena waktu konsumsi menjadi lebih sedikit, tetapi yang terjadi justru semakin bertambah dan menjadi tidak terkendali. Sehingga kebutuhan pangan tidak terkontrol dengan baik.
            Dibalik hal tersebut selain tidak terkontrolnya konsumsi, ternyata naiknya harga pangan juga disebabkan karena adanya mafia pangan di Indonesia. Dalam hal tersebut mereka melakukan praktik – praktik pengaturan harga. Berkaitan dengan hal tersebut dalam rangka mengurangi praktik para mafia tersebut pemerintah melakukan operasi pasar dalam menekan harga komoditas jelang lebaran. Cara yang dapat dilakukan dengan menghubungi para produsen besar. Sehingga dapat meminimalisir panjangnya rantai pemasok. Dengan demikian, harga komoditas dapat terkendali dan stabil.
           


0 komentar:

Posting Komentar