Blogroll

Minggu, 12 Juni 2016

Inflasi Daerah Relatif Tinggi

Inflasi Daerah Relatif Tinggi
                Indonesia adalah negara berkembang dan negara yang terkenal memiliki banyak kepulauan dan sumber daya alam yang sungguh melimpah. Jakarta adalah ibu kota dari Indonesia. Negara yang terkenal dengan kepulauan ini memeliki dampak positif dan negative. Dampak dari positif negara indonesia adalah negara dengan kepualaun memiliki jalur perdagangan yang sangat bagus, dumber daya alam yang melimpah dan masih banyak lagi. Dampak negative dari negara kepualaun adalah masih berkembangnya negara Indonesia sehingga masih lemahnya pengawasan dan kepedulian  negara terhadap pulau – pulau timur yang jauh dari kota metropolitan dan pengawan pemerintaha pusat. Seperti yang terjadi dalam  pulau – pulau yang berada di timur negara Indonesia. Pengawasan yang kurang membuat lambatnya jalan perekonomian disana sehingga seringnya terdapat inflansi didaerah. Padahal sumber daya alam yang melimpah itu berasal dari kepulauan – kepulaun di timur Indonesia.
            Dampak dari seringnya terjadi inflansi daerah,  secara umum dapat mengakibatkan berkurangnya investasi di suatu negara, mendorong kenaikan suku bunga, mendorong penanaman modal yang bersifat spekulatif, kegagalan pelaksanaan pembangunan, ketidakstabilan ekonomi, defisit neraca pembayaran, dan merosotnya tingkat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

            Dengan adanya fenomena ini pemerintah harus menindak lanjuti apa saja penyebab dari terdapatnya inflansi di daerah timur tersebut, bagaimana cara menganggulanginya. Proses kenaikan inflansi secara terus – menerus yang terjadi di daerah timur dapat berefek jangka panjang pada kestabilan ekonomi dan membuat inflansi meningkat. Dengan progam pengawasan harga dan peningkatan pendapat dapat membuat laju pertumbuha ekonomi didaerah timur meningkat. Peningkatan faktor – faktor non moneter seperti, peningkatan kualitas pendidikan dan banyak sosialisasi prtumbuhan teknologi yang ada seperti internet lebih ditingkatkan. Dengan adanya pergerakan antara kebijakan moneter dan non moneter berjalan secara seimbang maka kejadian fenomena ekonomi “ peningkatan angka inflansi “ tidak akan terjadi lagi. Dalam efek jangka panjang darah timur akan merasakan kesejahteraan masyarakat yang sma dengan masyarakat yang berada di kota dekat dnegan proses jalannya pemerintahan. 

0 komentar:

Posting Komentar