Blogroll

Jumat, 17 Juni 2016

Investasi Asing Diperlonggar



Investasi Asing Diperlonggar
Oleh: Kenit Ambar Ayu

Sebelumnya pemerintah melakukan pembatasan investasi pada pihak asing. Hal ini dimaksudkan agar para investor dalam negeri bisa lebih meningkatkan investasinya untuk meningkatkan perekonomian. Namun, kebijakan pemerintah baru-baru ini melakukan berbagai pelonggaran terhadap investasi asing pada sejumlah bidang usaha yang semula tertutup untuk asing tetapi sekarang akan mulai dibuka. Dalam pembukaan investasi asing ini terdapat payung hukum yang menaunginya yaitu peraturan presiden yang sedang dirumuskan yang ditargetkan akan selesai paling lambat bulan April mendatang. Peluang yang diberikan pemerintah kepada asing ini diharapkan akan memberikan dampak terhadap perekonomian dalam negeri dan peningkatan devisa negara.
Terdapat aturan dalam rencana pelonggaran terhadap sejumlah bidang usaha yang sebelumnya ditutup untuk investasi asing yang dilakukan oleh pemerintah melalui revisi Peraturan Presiden (Perpres) No 39/2014 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal. Aturan ini dikenal dengan daftar negatif investasi (DNI). Dalam aturan ini terdapat jenis-jenis investasi asing yang bisa masuk dan tidak bisa masuk ke Indonesia.
Dalam penentuan bidang usaha yang akan dilakukan pembukaan untuk investasi asing, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani telah menampung berbagai usulan dari kementerian dan lembaga negara, asosiasi dunia usaha, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Konsulat Jenderal Jepang di Jakarta. Usulan yang diterima sebanyak 454 usulan dari 16 bidang dan usulan terbanyak pada bidang pertanian. Ini menunjukkan bahwa bidang pertanian membutuhkan perhatian lebih karena seperti diketahui bahwa Indonesia merupakan negara agraris. Dan mata pencaharian penduduk Indonesia sebagian besar pada bidang pertanian. Dengan adanya investasi pada bidang pertanian bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian yang meningkat. Kuantitas yang meningkat serta kualitas yang semakin bagus dari produk pertanian menjadi fokus dari investasi di bidang pertanian.
Empat sektor yang akan dilakukan pelonggaran bagi investasi asing adalah sektor ekonomi kreatif, sektor pariwisata, sektor kelautan dan perikanan, serta sektor perdagangan elektronik atau e-dagang. Keempat sektor tersebut sekarang mulai berkembang dan terbukti memberikan dampak positif terhadap perekonomian yaitu penyumbang pendapatan daerah maupun nasional.
Bidang usaha yang akan dibuka untuk investasi asing pada sektor ekonomi kreatif yaitu bidang produksi, distribusi, dan ekshibisi film. Industri perfilman Indonesia sekarang mengalami kemajuan. Dengan adanya orang-orang berkompeten di bidang perfilman yang akan menjadikan industri ini sebagai salah satu penyumbang devisa negara. Sektor ekonomi kreatif ini sangat menuntut kreatifitas dari penggarapnya atau produsernya agar film yang diproduksi mampu bersaing dikancah nasional maupun internasional.
Bidang usaha yang akan dibuka di sektor pariwisata adalah hotel dan restoran untuk kelas tertentu dan operator wisata alam. Dengan adanya daerah wisata disuatu daerah maka akan mendorong adanya permintaan akan berbagai kebutuhan seperti hotel dan restoran. Pasti dalam melakukan perjalanan wisata yang jauh membutuhkan tempat untuk beristirahat atau sekedar tempat singgah di restoran atau rumah makan. Dengan adanya daerah wisata ini akan memicu investor untuk berinvestasi di bidang hotel dan restoran serta akan melibatkan warga sekitar dalam proyek ini sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga kesejahteraannya.
Untuk sektor kelautan dan perikanan, bidang usaha yang dibuka ada di wilayah hilir, antara lain terkait dengan distribusi, pergudangan, dan penyimpanan dengan pendingin. Potensi laut Indonesia sangat besar, baik dalam perikanan maupun hasil laut lainnya seperti cumi-cumi dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan adanya pendistribusian yang cepat agar hasil laut tersebut tetap terjaga kualitasnya. Serta adanya gudang tempat penyimpanan dengan pendingin sehingga hasil tangkapan lebih tahan laman untuk diolah menjadi olahan industri. Berbagai peralatan yang dimiliki akan memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan pendistribusian dan pengolahan hasil laut.
Sedangkan dari sektor e-dagang, bidang usaha yang akan dibuka antara lain adalah laman pemasaran atau marketplace. Dengan adanya e-dagang ini memberikan kemudahan kepada pembeli dalam melakukan transaksi dimanapun dan dalam situasi apapun. Hanya dengan membuka laman yang ada pembeli bisa mengetahui informasi tentang barang yang akan dibelinya secara akurat. Pemanfaatan teknologi memberikan informasi yang sempurna.
Dari keempat sektor tersebut diharapkan banyak menyediakan lapangan kerja yang akan menyerap tenaga kerja yang berarti mengurangi pengangguran yang ada. Dengan begitu mengurangi tingkat kemiskinan karena meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar serta kesejahteraan. Namun, pembukaan investasi asing paling besar yang dilakukan pemerintah yang bekerjasama dengan pihak swasta adalah di bidang infrastruktur. 


0 komentar:

Posting Komentar