Blogroll

Jumat, 10 Juni 2016

Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia



Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Ade Linda 
130810101076

Pertumbuhan ekonomi sudah menjadi topik yang khas untuk dibahas oleh negara baik itu pemerintah, akademisi maupun masayarakat. Pertumbuhan ekonomi tidak akan bisa lepas dari pemikiran negara khsusunya pemerintah. Negara akan selalu memberikan perhatian lebih untuk bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dimana pertumbuhan ekonomi bisa menjadi penggambaran bagaimana keadaan dari kehidupan masyarakat di suatu negara. disini tidak hanya pada negara berkembang tetapi negara maju juga sangat memperhatikan pertumbuhan ekonomi. Untuk meningkat kan pertumbuhan ekonomi ada banyak hal yang pemerintah lakukan, salah satu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah dengan melakukan investasi. Apa yang menjadi tujuan adanya investasi? Jawabanya adalah dengan adanya investasi ini memberikan stimulus bagi para pengusaha-pengusaha yang ada disuatu negara terutama negara Indonesia. investasi disini merupakan suatu bagian dalam bentuk penyimpanan uang, dimana uang tersebut di investasikan dengan tujuan memiliki keuntungan atas modal yang telah kita taruhkan. Bentuk dalam investasi sendiri ada berbagai dalam bentuk intrumen, misalnya saja saham, obligasi deposito, investasi properti, investasi dalam bentuk emas. Ke semua intrumen tersebut merupakan tempat untuk mendapatkan keuntungan yang dimana menjadi tujuan utama dari atas modal yang telah kita simpan, dengan begitu uang yang masyarakat punya tidak sia-sia dihabiskan begitu saja, melainkan dapat dikelola melalui lembaga-lembaga penyedia investasi yang sudah berterbangan di Indonesia, baik itu dalam skala lokal maupun internasional.
Setelah mengetahui intrumen-intrumen dari investasi, hal yang harus diperhatikan bagaimana resiko yang akan akan diterima bagi para investor. Karena sudah barang terntu, tujuan utama investasi adalah meningkatkan atau memberikan keuntungan yang sebesar-besar mungkin. Maka dari itu para investor harus benar-benar bisa memilih. Dalam mewujudkan peningkatan investasi, pemerintah sudah banyak memberikan kemudahan dalam meningkatkan kegiatan investasi. Dimulai dari pembenahan sikap fundamental negara, kemudian akses, fasilitas dan kemudahan dalam berinvestasi memang harus dilakukan agar wujud dari investasi memang ada.
Perekonomian global pada tahun 2016 mengalami kelemahan, kelemahan perekonomian global akan sangat mempengarushi seluruh perekonomian yang ada di dunia ini. tidak hanya pada negara berkembang tetapi juga negara maju yang melakukan transaksi perdagangan internasional. Kelmahan perekonomian global ditandai dengan negara Amerika, dimana Amerika merupakan negara yang dapat sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu melakukan penjagaan pada posisi suku bunga dimana hal ini dilakukan oleh Amerika agar dapat menggairahkan atau menstimulus perekonomian mereka. Dengan sebab seperti ini saja, perekonomian global yang bisa lemah karena notabennya Amerika sendiri mulai memperbaiki perekonomian negaranya sendiri. Pengeluaran suku bunga ini dilakukan oleh Bank yang di Amerika yaitu The Fed, setiap negara tentunya mereka selalu memantau pergerakan Bank The Fed. Karena pergerakan mereka sedikit saja akan dapat mempengaruhi global khususnya negara yang melakukan kerjasama dengan Amerika. Kemudian selain karea penyebab dari Amerika, permsalahn ekonomi global lainnya yaitu dari bagian benua Asia yaitu Jepang, dimana kita ketahui bahwa Jepang merupakan negara dengan industri teknologi yang sangat besar jadi wajar saja bila pergerakan dari ekonomi jepang dapat mempengaruhi perekonomian negara lain atau dengan kata lain global secara luasnya. Dari jepang sendiri, Bank Japan telah mengeluarkan suatu kebijakan mengenai suku bunga negatif, yang mana merupakan suatu kebijakan yang bertujuan untuk menstabilkan perekonomian jepang. Tetapi hal ini sangat mempengaruhi global. Kemudian untuk China juga merupakan salah satu penyebab adanya perekonomian global yang mengalami kelemahan, untuk tahun ini China mengalami kelemahan dibandingkan dengan ditahun sebelumnya pada tepaynya 2015. Dengan beberapa hal yang telah disebutkan dalam permsalahan ekonomi, itulah merupakan yang menjadi kemerosotan ekonomi global. Tetapi meskipun hal itu terjadi, perekonomian Indonesia sendiri tidak memberikan hal negatif atas kemerosatn global. Justru perekonomian Indonesia mengalami kenaikanyang dimana ditandai dengan nilai mata uang Indonesia terhadap Dollar Amerika mengalami penguatan di angka 13.000.
Perekonomian Indonesia membaik ditengah ekonomi global merosot, kemduian apa yang menjadi penyebab hal tersebut. Hal ini disebbakan karena terjadi sentimen positif bagi para investor atas fundamental Indonesia. dimana pada pemerintahan sekarang, terdapat kebijakan-kebijakan yang dikleuarkan mellaui beberapa paket yang hingga sekarang paket kebijakan pemerintah sendiri sudah dilakukan sebanyak 11 paket kebijakan. Dimana pada intinya dalam 11 kebijakan tersebut dilakukan atau dikeluarka untuk meningkatkan investasi di Indonesia. karena dengan hal itu target dari pertumbuhan Indonesia yang tujuh akan tercapai. Kebijakan Indonesia ini ternayata di respon positif oleh pasar. Karena jika diperjelas hal ini, memberikan peluang yang besar bagi para investor yang memiliki modal lebih dapat mensavingkan modal lebih mereka melalui investasi. Sudah jelas pula, bahwa pemerintah sangat terbuka terhadap para investor.
Investasi memang memberikan angin segar bagi pertumbuhan suatu negara, investasi menjadi suatu jalan bagi peningkatan perekonomian suatu negara. kemudian di dalam investasi sendiri memiliki instrumen-instrumen yang berkiatan mengenai investasi portofolio adalh deposito, obligasi dan saham. Diantara ketiga instrumen tersebut memiliki resiko dan kelebihan berbeda-beda. Untuk itu seorang investor yang notabennya yang memiliki modal lebih harus lebih berhati-hati dalam menginvestasikan dana nya diantara ketiga instrumen tersebut. Berarti disini, investor harus mencari-cari informasi mengenai ketiga instrumen ini. sebenarnya ketiga instrumen memiliki resiko, tetapi karena tujuan dari investor adalah mendapatkan imbal hasil yang lebih maka sang investor harus mengambil resiko yang paling terkecil agar tidak rugi investor tersebut dalam menaroh dananya. Diantara ketiga instrumen investasi portofolio tersebut yang memiliki peluang untuk mendapatkan hasil yang baik adalah saham, karena setiap hari nya saham selalu bergerak dengan cepat. Tetapi meskipun saham memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan dua instrumen tersebut perlu di ingat saham juga memiliki resiko yang lebih besar karena bisa saja peregrakan saham mneurun. Begitu juga dengan obligasi yang sama-sama seperti saham. Jika di tingkatkan dianatara tiga instrumen tersebut yang pertama adalah saham, kemudian obligasi dan yang terakhir adalah deposit. Jika kita melihat tidak ingin mendapatkan resiko yang besar, deposito memang salah satu yang terbaik tetapi deposto memiliki keuntungan atau imbal haisl yang sedikit dibandingkan dengan kedua  nstrumen lainnya. Untuk itu bagi para investor harus benar-benar memilih dengan sebaik-baiknya agar tidak merugikan bagi bagi pemilik modal lebih. Dan disini kita perlu mengestimasi dengan tepat agar resiko yang didapat tidak terlalu besar. Seorang investor harus sering-sering melihat perkembangan dalam investasi portofolio, seperti misalnya berita mengenai perkembnagan saham, obligasi dan deposito ataupun yang lainnya.
Jika Indonesia menjadi negara lirikan investasi bagi investor maka Indonesia harus benar-benar menjaga kondisi perekonomian yang terjadi di negeri, ada perhatian lebih yang harus dilakukan oleh Bank Indonesia, perlu ada kerjasama dari berbagai pihak atas sentimen positif agar tidak merugikan bagi Indonesia sendiri,tetapi meskipun hal tersebut memberikan sentimen positif Indonesia harus berhati-hati agar perekonomian Indonesia tetap membaik. Karena dengan hal itu maka pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami peningkatan dan akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia dan melakukan penyerapan tenaga kerja dan dapat menggairahkan aktivitas perekonomian negara Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar