Blogroll

Rabu, 08 Juni 2016

KEBIJAKAN MAKROPRUDENSIAL DAN KEBIJAKAN MONETER



KEBIJAKAN MAKROPRUDENSIAL DAN KEBIJAKAN MONETER
Oleh : Eka Wahyu Utami
Fakultas Ekonomi, Universitas Jember


Kestabilan harga dan kestabilan keuangan adalah suatu komponen yang sangat penting bagi perekonomian suatu negara. Ini dikerakenakan ketidakstabilan harga akan menyebabkan ketidakpastian dan membuat masyarakat bingung untuk mengkonsumsi atau akan berinvestasi. Kestabilan harga digambarkan oleh keadaan tinggi rendahnya sebuah inflasi. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika inflasi itu tinggi itu berarti bahwa harga – harga akan menjadi relatif lebih mahal. Sehingga kemampuan masyarakat untuk membeli sebuah bahan pangan atau lainnya menjadi menurun dan ini akan menyebabkan perekonomian melambat. Selain itu dampak yang diakibatkan oleh naiknya inflasi ini akan menyebabkan kesenjangan yang sangat jauh, dimana orang miskin akan jadi bertambah miskin. Ini dikarenakan mereka tidak mampu untuk membeli segala sesuatu yang mereka butuhkan sebagai akibat dari tingginya harga – harga di masyarakat.  Begitupula sebaliknya, ketika inflasi itu rendah artinya adalah harga – harga yang beredar di masyarakat murah. Sehingga peredaran uang menjadi lebih sedikit. Fluktuasi dari kenaikan dan penurunan dari inflasi ini berarti harga – harga yang beredar di suatu negara mengalami ketidakstabilan. Dan itu akan berdampak negatif terhadap kondisi perekonomian ke depannya. Untuk itu, pemerintah telah mengupayakan berbagai cara untuk mengatasi adanya resiko yang nantinya diakibatkan oleh ketidakstabilan harga.

Kestabilan keuangan juga demikian, tinggi rendahnya fluktuasi yang diakibatkan oleh sistem keuangan akan berdampak pada fluktuasi kestabilan harga. Kestabilan keuangan lebih mengacu pada sistem perbankan. Menyangkut bagaimana kelancaran penyaluran dana yang dilakukan oleh perbankan. Perbankan sendiri berfungsi sebagai mediasi tempat pengalokasian dana dari orang – orang yang kelebihan dana dengan orang – orang yang kekurangan dana. Akan tetapi proses penyaluran yang diberikan perbankan ini tidak semena – mena adanya, ada aturan – aturan tertentu serta diawasai oleh otoritas lembaga keuangan yang telah di bentuk oleh pemerintah. Hal ini bertujuan agar sistem keuangan benar – benar terjaga kestabilannya. Misalkan saja demikian, ketika perbankan memberikan kredit sesukanya kepada kreditur dan memberikan bunga diluar batas ketentuan maka akan mengakibatkan peningkatan peredaran keuangan yang nantinya berdampak pada peningkatan inflasi dan menyebabkan perlambatan ekonomi. Sebaliknya pun demikian, ketika perbankan mempersulit para kreditur untuk meminjam dana dari bank, serta dana yang diberikan terlalu tinggi juga akan menyebabkan penurunan tingkat inflasi yang nantinya akan menyebabkan membuat para investor menjadi lesu.

Semuanya berawal dari sistem keuangan, apabila sistem keuangan relatif stabil maka inflasi pun akan dapat di kendalikan. Sehingga, proses sistem keuangan perlu diperhatikan agar tetap terjaga kestabilannya. Pada intinya kestabilan keuangan, akan berdampak pada kestabilan harga pula nantinya. Pemerintah telah menetapkan beberapa kebijakan untuk tetap menjaga kedua komponen ini yakni kestabilan harga dan kestabilan keuangan. Dimana pemerintah telah menetapkan adanya kebijakan moneter yang telah ada sejak dahulu dan kebijakan makroprudensial sejak tahun 2010. Dimana kedua kebijakan tersebut memiliki tujuan dan tugas yang berbeda – beda. Pada kebijakan moneter, ia lebih fokus pada menjaga kestabilan harga seperti penetapan inflasi. Pada kebijakan makroprudensial, ia fokus pada menjaga kestabilan keuangan seperti pengawasan terhadap sistem perbankan. Kebijakan moneter serta kebijakan makroprudential ini memiliki tujuan akhir yang sama , yakni mencapai pertumbuhan ekonomi yang telah ditentukan serta kesejahteraan masyarakat tentunya. Akan tetapi tujuan utama atau sasarannya berbeda – beda.

Kebijakan moneter yang telah kita ketahui adalah sebuah kebijakan yang telah ada sejak dahulu dan mengatur bagaimana kestabilan harga itu berjalan dengan baik. Menurut Bramantyo ( 2006 ) kebijakan moneter merupakan tindakan pemerintah dalam rangka mencapai tujuan pengelolaan ekonomi makro ( output, harga, dan pengangguran ) dengan cara mempengaruhi siuasi makro melalui pasar uang atau dengan kata lain melalui proses pencipataan uang atau jumlah uang yang beredar. Pada kebijakan moneter, Bank Indonesia memiliki hak penuh untuk mengendalikan seluruh peraturan demi kondisi perekonomian sebuah negara. Kebijakan moneter lebih fokus pada penciptaan uang serta berhak mengendalikan jumlah uang beredar melalui tingkat suku bunga acuan atau BI Rate.

Kebijakan moneter memiliki tujuan yakni untuk menjaga kestabilan harga – harga barang dan jasa yang biasanya ditunjukkan oleh angka pada inflasi. Sehingga pada intinya pada kebijakan moneter ini sasaran yang utama untuk dicapai adalah tinggi rendahnya tingkat inflasi. Cara yang dilakukan agar mencapai kestabilan harga barang – barang atau tingkat inflasi adalah dengan menggunakan sasaran – sasaran yang telah ditetapkan seperti jumlah uang beredar ( JUB ) atau dengan tingkat suku bunga. Untuk mencapai tujuan akhir dan bisa sesuai sasaran, dalam kebijakan moneter juga harus memiliki instrumen agar kebijakan ini dapat berjalan dengan baik. Adapun instrumen – instrumen tersebut ada 4 menurut Bank Indonesia yaitu melalui operasi pasar terbuka, penetapan tingkat diskonto, menetapkan cadangan wajib minimum (GWM) , dan pengaturan kredit dan pembiayaan.

Operasi pasar terbuka sebagai instrumen dari kebijakan moneter yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan oleh Bank Sentral dimana BI melakukan penjualan atau pembelian surat – surat berharga demi mengatur jumlah uang yang beredar atau mengatur tingkat suku bunga akan tetapi hanya dalam jangka pendek saja. Penetapan diskonto sebagai instrumen kedua dari kebijakan moneter yaitu melalui pemberian ketentuan dalam mengatur tingkat suku bunga kredit yang nantinya akan diberikan kepada bank – bank. Instrumen ketiga adalah penetapan cadangan wajib minimun (GWM) dimana Bank Indonesia berhak mengatur besar kecilnya jumlah cadangan wajib minimum yang nantinya harus dipenuhi oleh bank – bank komersial. Seperti misalnya kondisi perekonomian Indonesia mengalami inflasi, maka Bank Indonesia berhak meningkatkan jumlah cadangan wajib minimun demi mengurangi jumlah uang yang diberikan oleh bank – bank komersial kepada kreditur. Instrumen yang terakhir yaitu adalah pengaturan kredit dan pembiayaan dimana Bank Indonesia berhak mengatur jumlah kredit serta pembiayaan demi kelancaran perekonomian serta menjaga kestabilan harga.

Selain kebijakan moneter yang bertujuan untuk menjaga kestabilan harga, kestabilan keuangan juga perlu diperhatikan. Kebijakan yang digunakan untuk mengatur serta mengawasi kestabilan keuangan tersebut adalah kebijakan makroprudensial. Dimana kebijakan makroprudensial ini adalah sebuah kebijakan yang dilakukan untuk membantu kebijakan moneter dalam pencapaian kestabilan harga melalui kontrol kestabilan keuangan yang ada di perbankan. Sehingga sudah terlihat perbedaannya bahwa, kebijakan moneter lebih kepada pengaturan seluruh bagian keuangan sedangkan kebijakan makroprudensial lebih kepada pengawasan serta kontrol kredit terhadap perbankan lain atau bank – bank konvensional.

Pada awalnya kebijakan makroprudensial ini masih baru diterapkan di Indonesia yakni pada tahun 2010. Kebijakan makroprudensial ini dilakukan karena kekhawatiran pemerintah terhadap perekonomian akibat krisis yang dialami oleh Amerika Serikat pada tahun 2008. Seperti yang kita ketahui bahwa Krisis ekonomi di Amerika Serikat terjadi akibat longgarnya kebijakan moneter yang menyebabkan seluruh perbankan merasa terlena dengan tingkat suku bunga yang diberikan cukup rendah pada saat itu. Hal ini dibarengi dengan pemberian suku bunga rendah pada kredit perumahan saat itu. Penduduk Amerika Serikat rata – rata adalah orang – orang yang sangat antusias terhadap properti terutama perumahan dan mereka menjadi orang yang konsumtif pada saat itu. Banyak sekali penduduk Amerika Serikat yang mengambil kesempatan tersebut. Awalnya hal ini direspon sangat positif oleh seluruh negara didunia akan tetapi Amerika Serikat tidak tahu bahwa hal itu justru akan membawa keterpurukan ekonomi. Benar saja, orang – orang yang mengambil kredit rumah adalah mereka yang berada diluar batas pendapatannya. Mereka hidup dalam hutang. Akibatnya banyak bank – bank atau lembaga keuangan yang terlibat kehilangan modal mereka dan terpaksa harus bangkrut. Hal ini menyebabkan perusahaan finansial yang ada di Amerika menjadi lemah dan bangkrut. Peristiwa ini berdampak pada melemahnya Wall Street sebagai bursa efek Amerika Serikat. Para investor takut kehilangan dananya dan harus mencabut nya dari Amerika Serikat. Selain berdampak pada bursa saham Amerika, hal ini juga berdampak pada sektor riil lainnya. Inilah awal mula mengapa kebijakan makroprudensial ini diberlakukan di Indonesia.

Indonesia berkaca pada kondisi krisis yang dialami oleh Amerika Serikat pada tahun 2008, pemerintah melakukan upaya – upaya untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tidak dinginkan seperti resiko sistemik yng dialami oleh Amerika Serikat. Menurut IMF, FSB, dan BIS , risiko sistemik adalah resiko dari gangguan jasa keuangan yang disebabkan oleh tidak berfungsinya semua atau sebagian dari sistem keuangan yang mempunyai potensi dampak negatif terhadap perekonomian. Maka dari itu di bentuklah sebuah kebijakan makroprudensial yang digunakan untuk mengawasi kredit yang diberikan untuk masyarakat demi mendorong atau mendukung kebijakan moneter yang telah ada sebelumnya.

Sama seperti kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial juga memiliki instrumen – instrumen demi mencapai target kestabilan keuangan. Instrumen – instrumen kebijakan makroprudensial ada tiga, yakni untuk mengatasi masalah kredit, likuiditas, dan modal. Pada masalah kredit terdapat intrumen yang dapat dilakukan yakni ada LTV ( Loan to Value ), DTI (debt to income ) , foreign currency lending serta ceilings on credit or credit growth. Kemudian pada masalah likuiditas terdapat instrumen yang dapat dilakukan yakni Limits on net open currency positions / currency mismatch ( NOP ), Limits on maturity mismatch serta reserve requirements. Pada Modal terdapat instrumen countercyclical / time – varying capital requirements, time varying / dynamic provisioning serta restrictions on profit distribution.

Indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan kebijakan makroprudensial ini. Hal ini dilakukan sebagai respon terhadap krisis Amerika Serikat pada tahun 2008. Indonesia berkaca pada kondisi tersebut. Walaupun Indonesia tidak terkena dampak secara berlebihan, dan menurut ekonom Indonesia bahwa apabila ada krisis yang akan di alami oleh Amerika Serikat lagi, Indonesia tidak akan tekerna dampaknya namum Indonesia tetap berjaga – jaga untuk meminimalisir adanya resiko sistemik. Selain itu, adanya kebijakan makroprudensial, kondisi keuangan Indonesia akan menjadi lebih stabil dan kredit akan terkontrol. Dari beberapa instrumen tersebut, Indonesia tidak menerapkan seluruhnya, hanya lima instrumen yang diterapkan di Indonesia diantaranya yaitu net LTV ( Loan to Value ), NOP ( Net Open Position ), GWM (Giro Wajib Minimum ), GWM LDR ( Loan to Deposit Ratio ) dan month holding period.

Instrumen LTV ( Loan to Value ) dalam kebijakan makroprudensial memiliki beberapa tujuan yang akan di capai yakni pertama adalah mengendalikan serta mengontrol jumlah kredit properti ataupun kendaraan bermotor serta mengendalikan kredit ketika pada kondisi boom. Kedua mengurangi resiko kegagalan ketika harga – harga pada properti atau kendaraan bermotor turun menurun. Ketiga adalah mengurangi kerugian yang kemungkinan akan muncul ketika mengalami kegagalan. Fungsi dari LTV sendiri adalah sebagai respon yang diakibatkan oleh krisis di Indonesia. Selain mengendalikan jumlah kredit properti atau kendaraan bermotor, LTV juga berfungsi sebagai pendukung kebijakan moneter. Berbagai negara telah menerapkan instrumen ini, baik negara maju maupun negara berkembang. Akan tetapi, pada negara berkembang lebih banyak diterapkan. Ada kemungkinan dikarenakan masyarakat nya lebih suka melakukan kredit dalam properti atau kendaraan bermotor.

Net Open Position ( NOP ) adalah salah satu instrumen yang berhubungan dengan pengaturan nilai tukar. Salah satu tugas dari kebijakan makroprudensial adalah dengan mengontrol capital inflow, dimana ketika capital inflow masuk ke Indonesia maka akan otomatis meningkatkan permintaan agregat buruknya, inflasi juga berhubungan positif  disitu. Apabila permintaan agregat meningkat akan meningkatkan tingkat inflasi juga. Dan selain itu, kredit di Indonesia juga akan tumbuh. Tumbuhnya kredit ini nantinya akan menyebabkan tingginya harga aset yang nantinya berdampak pada kerentanan keuangan. Peningkatan harga aset ini nantinya akan menaikkan tingkat suku bunga. Dengan meningkatnya suku bunga, justru akan menambah capital inflow. Positifnya modal asing yang masuk nantinya akan menambah kepercayaan pasar karena investor optimis terhadap kondisi perekonomian Indonesia. Negatifnya adalah ketika modal asing yang masuk terlalu berlebihan maka akan menyebabkan apresiasi terhadap nilai tukar. Dengan masuknya modal asing ini juga akan menyebabkan harga aset mengalami peningkatan dan khawatir akan menyebabkan resiko krisis. Hal ini akan dikontrol dengan adanya instrumen Net Open Position ( NOP ). Adanya NOP ini adalah untuk mengontrol serta mengendalikan aliran modal asing yang masuk dalam jangka pendek yang selalu berfluktuatif. Selain itu adanya NOP ini juga membatasi adanya objek yang rentan terhadap krisis ( eksposur ) bank terhadap nilai tukar akibat masuknya modal asing.

GWM ( Giro Wajib Minimun ) adalah sebuah instrumen dari kebijakan makroprudensial yang dikeluarkan oleh bank sentral Indonesia. Dimana pada kebijakan ini bank sentral berhak mengatur tinggi rendahnya jumlah GWM.GWM sendiri adalah sebuah iuran wajib yang harus dimiliki oleh bank – bank konvensional yang nantinya harus diberikan pada bank sentral. Besar kecilnya GWM ini diatur oleh Bank Sentral tergantung kondisi perekonomian saat itu. Seperti misalnya, kondisi perekonomian Indonesia sedang mengalami inflasi artinya adalah peredaran uang yang terlalu tinggi di masyarakat. Maka Bank Sentral akan meningkatkan jumlah GWM untuk mengurangi jumlah uang beredar di masyarakat sehingga bank konvesional memiliki stok modal sedikit sehingga bunga yang digunakan akan meningkat. 

GWM LDR juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan GWM , akan tetapi GWM LDR lebih kepada model perhitungannya. Perhitungan GWM menggunakan perhitungan LDR atau Loan to Deposit Ratio. Adanya LDR atau Loan to Deposit Ratio ini adalah untuk mengumpulkan likuiditas serta bertujuan untuk mendorong tingkat level LDR ke arah yang lebih optimal.

            Adanya MHP atau month holding period ini adalah sebagai pengelola seluruh aliran modal yang masuk akan tetapi hanya pada jangka pendek saja. Aliran yang masuk ini akan tetapi dalam motif spekulasi dan dapat diambil sewaktu – waktu. Inilah yang fungsi dari MHP sebagai instrumen kebijakan makroprudensial untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan demi menjaga stabilitas moneter dan menjaga stabilitas keuangan.

Kebijakan moneter dan kebijakan makroprudensial adalah sebuah kebijakan yang sangat berpengaruh satu sama lain, maksudnya adalah kebijakan makroprudensial memiliki tujuan yang nantinya berpengaruh terhadap kebijakan moneter. Kebijakan makroprudensial dibuat untuk mendukung kebijakan moneter. Keduanya memiliki tujuan yang sama akan tetapi instrumen atau langkanya berbeda. Menurut Unsal  ( 2011 ) penggunaan instrumen makroprudensial dapat bermanfaat jika digunakan secara komplemen dengan kebijakan moneter dalam kestabilan ekonomi setelah beberapa periode terjadinya goncangan. Dalam skenario suatu kebijakan makroprudensial diterapkan secara terpisah sementara kebijakan moneter ( suku bunga ) tidak berubah, output dan inflasi ternyata bergerak secara volatile dan welfare loss yang terjadi lebih besar. Pada intinya kebijakan moneter dan kebijakan makroprudensial ini tidak dilakukan secara bersamaan akan dilakukan secara terpisah dengan menggunakan instrumennya masing – masing.

Menurut beberapa penelitian, sejauh ini kebijakan makroprudensial yang diterapkan oleh Bank Indonesia efektif. Kondisi perekonomian memiliki respon positif setelah diberlakukannya kebijakan makroprudensial ini. Seperti volatilitas nilai tukar yang menurun karena adanya NOP, adanya LTV juga mampu menurunkan laju permintaan kredit, GWM juga mampu menurunkan likuidias perbankan sedangkan kondisi aliran modal masuk sangat deras pada saat itu.

Baik buruknya suatu kondisi perekonomian dapat diatasi melalui kebijakan – kebijakan yang diterapkan oleh Bank Sentral dan pemerintah Indonesia. Seperti yang dijelaskan pada artikel ini, yaitu kebijakan moneter dan kebijakan makroprudensial. Kedua kebijakan ini memiliki tujuan utama yang berbeda walaupun nantinya adalah memiliki tujuan akhir yang sama. Kedua kebijakan ini memiliki instrumen – instrumen yang berbeda untuk mencapai tujuan utama yang nantinya mengarah pada tujuan akhir yang sama. Walaupun tujuan akhir yang sama, akan tetapi kedua kebijakan ini tidak bisa dijalankan secara bersamaan.  Mereka memiliki ruang – ruang yang berbeda dalam instrumennya.

 Kesimpulannya adalah Kebijakan moneter diberlakukan demi mencapai kestabilan harga yang dicerminkan oleh tingkat inflasi dengan melakukan berbagai instrumen seperti penetapan BI Rate yang ditentukan oleh Bank Sentral tergantung kondisi perekonomian pada saat itu. Sedangkan   Kebijakan makroprudensial sendiri sengaja diterapkan untuk mendukung kebijakan moneter. Dimana kebijakan makroprudendial ini mengatur lebih khusus lagi daripada kebijakan moneter. Kebijakan makroprudensial lebih dihususkan pada lembaga keuangan yang nantinya akan bertujuan untuk mencapai kestabilan keuangan. Instrumen – instrumen yang dilakukan adalah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu seperti LTV yang diterapkan untuk mengatur jumlah kredit di perbankan, NOP yang digunakan untuk mengatur aliran modal berkaitan dengan nilai tukar, GWM primer serta GWM LDR yang bertujuan untuk mengatur jumlah likuiditas perbankan, dan MHP yang bertujuan untuk mengatur serta mengurangi resiko aliran modal asing yang masuk dalam jangka pendek.

Kedua kebijakan ini saling berhubungan satu sama lain, dan keberadaan kedua kebijakan ini oleh bank sentral pasti telah difikirkan matang – matang demi tujuan untuk mengurangi resiko yang diakibatkan oleh kondisi keuangan yang mengarah pada krisis. Memang pada dasarnya tujuan yang dicapai oleh semua negara adalah sama yakni menjaga harga tetap stabil serta menjaga keuangan juga tetap pada kestabilannya. Karena apabila dua komponen itu terganggu, maka akibatnya adalah akan membawa masalah pada sektor – sektor atau komponen ekonomi lainnya.

17 komentar:

  1. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  2. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjadi persekutuan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan undang-undang atau peraturan dewan ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat mengabdikan diri untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  3. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  4. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  5. KABAR BAIK!!!
    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini semuanya penipu dan mereka ada di sini Untuk menipu Anda dari uang yang Anda peroleh dengan susah payah, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta. Namun saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang.
    Ketika pencarian saya untuk perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan berlanjut, saya melihat iklan lain secara online dan nama perusahaan tersebut adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan 13 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.
    Semoga Allah dipuji, seorang teman saya yang mengajukan pinjaman dan juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat diandalkan di mana Ny. Ana Michael sang manajer cabang bekerja, dan saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp1.000.000.000,00, dan mereka meminta kredensial saya yang saya kirimkan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah lelucon dan mungkin itu adalah salah satu tindakan penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya kagum ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari mendapatkan bisnis saya terputus ke udara dan dilikuidasi dan hari ini bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan dia tidak tahu tentang perusahaan fashion saya.
    Jadi saya menasehati semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menyenangkan menghubungi Mars. Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)
    Sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum wr.wb




    Kami di Arab Credit Group telah luar biasa ketika datang untuk membantu orang-orang dalam masalah keuanganan mereka dengan utang yang tak terhitung jumlahnya untuk membayar, tugas kami adalah untuk membantu Anda dengan pinjaman untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, dan menjadi keuangan yang stabil lagi. platform pembayaran kami sederhana, kami menyediakan Anda dengan suku bunga terendah 2% pinjaman Anda dapat menemukan, Arab Credit Group adalah Perusahaan pinjaman yang dimiliki oleh Keluarga Arab kami, kami telah memutuskan untuk membantu saudara-saudari kami untuk menjadi kuat secara finansial seperti yang diperintahkan Tuhan. kami di sini untuk memberi Anda bantuan untuk sukses dalam hidup.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com
    Pin BBM: {E39B5EE5}  

    BalasHapus
  7. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  8. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  9. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  10. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  11. Nama saya Rafif Apriani, saya membaca cerita bagaimana ibu Yanti Ari meminjam dari PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI dengan bantuan perancang busana ternama DIAN PELANGI. Dalam kisahnya, dia menceritakan bagaimana dia kehilangan banyak uang (Rp28.000.000,00) dari pemberi pinjaman yang buruk karena dia membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan usahanya.
    Dia juga menceritakan bagaimana dia menghubungi Dian Pelangi yang menyuruhnya untuk menghubungi Ibu Ana Micheal dari GUARANTY TRUST LOANS dan begitulah cara dia meminjam pinjaman yang dia butuhkan untuk meningkatkan bisnisnya. Jadi saya melihat cerita ibu Yanti Ari dengan detailnya, detail Dian Pelangi dan Ibu Ana Michael dari PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI yang mereka semua pinjam.

    Detil Dian Pelangi :: email: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM)
    dia tinggal di Jakarta.
    Detil Ibu Yanti Ari :: Nomor teleponnya: +62821-1644-0184
    Nomor Whatsapp: +62821-1644-0184
    dia tinggal di Kota Medan, emailnya: ARIY6261@GMAIL.COM
    Dan akhirnya perusahaan pinjaman asli yang saya ingin siapa saja yang membutuhkan pinjaman dapat menghubungi karena saya sekarang adalah saksi hidup dan semoga Allah selalu memberkati hari saya menghubungi mereka.
    Nama perusahaan: PINJAMAN KEPERCAYAAN GUARNATY, alamat email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)

    Ketika saya menghubungi ibu yanti dia memberi tahu saya bagaimana dia meminjam dari Bu Ana Michael tentang PINJAMAN KEPERCAYAAN GARANSI dan seluruh prosesnya. Dengan senang hati saya sampaikan kepada masyarakat umum bahwa Ibu Ana Michael dari GUARANTY TRUST LOANS adalah yang terbaik dan terpercaya.
    Anda dapat menghubungi saya untuk lebih jelasnya melalui email saya: rafifapriani@gmail.com
    Saya berharap orang-orang yang menginginkan pemberi pinjaman yang andal melihat ini.

    BalasHapus
  12. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  13. Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang mendesak? Kami menawarkan pinjaman segala jenis pinjaman kepada calon individu, perusahaan, badan kerjasama maupun organisasi. Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang terdaftar dan disetujui? Jika tertarik, hubungi kami di sini sekarang untuk informasi lebih lanjut: socialfundltd@gmail.com

    BalasHapus
  14. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda

    BalasHapus
  15. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  16. Halo,
    Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin berterima kasih kepada ibu Alicia Radu karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan para pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan saya pinjaman, saya Saya memerlukan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya satu untuk menjalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya bernama Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan yang baik dari Bunda Alicia Radu
    jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya yakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

    BalasHapus
  17. Halo saudara

    Nama saya Fadhlan Basuki, asli Indonesia dan saya seorang dokter di (RUMAH SAKIT ADI HUSADA, 40-44 Undaa, Wetan SURABAYA JATIM0).
    Gmail Saya:::::fadhlanbasuki905@gmail.com
    Jumlah Pinjaman::::350.000.000.00 IDR

    Ini adalah kesaksian hidup yang sebenarnya tentang bagaimana saya mendapat bantuan keuangan dari perusahaan pinjaman dan orang Indonesia asli yang memiliki hasrat untuk rakyatnya dan telah memberikan pinjaman dengan mudah dan terjangkau terlepas dari skor kredit Anda, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman dari MENTARI EKA JAYACHANDRA KEUANGAN

    MENTARI EKA JAYACHANDRA KEUANGAN adalah yang terbaik dibidang kredit dengan customer service yang sangat ramah siap 24/7 memberikan yang terbaik jadi bijaklah dan dapatkan pinjaman dari MENTARI EKA JAYACHANDRA KEUANGAN
    Saya sangat menyarankan Anda untuk meminjam dari ibu karena sebagian besar pemberi pinjaman online asing palsu dan hanya akan merampok uang hasil jerih payah Anda dan mereka akan meminta pembayaran dari korban berkali-kali sampai korban kehabisan uang dan tidak bisa. . membayar. sekali lagi dan saya tidak ingin itu menjadi Anda, jadi jadilah pintar dan pinjam dari sumber yang teruji dan tepercaya.

    Sang ibu lebih memahami dan memahami perekonomian Indonesia dan ia telah melihat betapa mudah dan gratis pinjaman diberikan kepada warga negara lain selama ia tinggal di Amerika Serikat dan negara lain.

    HUBUNGI LAYANAN PELANGGAN KEUANGAN MENTARI EKA JAYACHANDRA HARI INI

    NAMA PERUSAHAAN :::::: MENTARI EKA JAYACHANDRA KEUANGAN 

    GMAIL PERUSAHAAN ::::: mentariekajayachandrakeuangan@gmail.com
    TEL :::::::::::::::::::::::::::::::::::::: + 12675265352
    Whatsapp ::::::::::::::::::::::::: + 12675265352

    Allah menjaga kita semua
    AMIIN

    BalasHapus