Blogroll

Rabu, 15 Juni 2016

Maraknya Pengguna e-money



Maraknya Pengguna e-money
Dengan adanya globalisasi setiap negara mengalami kemajuan di beberapa ssektor, globalisasi sangat beperan dalam kemajuan perekonomian  dalam suatu negara, banyak hal yag berubah karena adanya globalisasi.Salah satu yang berubah karena adanya globalisasi yaitu pada sistm pembayaran dan fungsi uang.
Pada masa sebelum adanya globalisasi semua orang melakukan transaksi jual beli maupun transaksi lainya menggunakan alat pembayaran yang biasa kita sebut dengan uang enath itu uang loga maupun uang kertas , uang merupakan alat pembayaran yang wujudnya sangata nyata, dengan uang kita bisa melakukan  transaksi jual beli ataupun yang lainya, tetapi pada akhir-akhir ini uang tidak hanya berwujud kertas maupun logam dengan adanya globalisasi an kemajuan tekhnologi bentuk uang sudah berubah wujud menjadi kartu eletrik, dan masyarakat dapat melakukan transaksi jual beli maupun transaksi yang lainya dengan kertu eletrik, kartu eletrik tersebut yaitu kartu kredit, ATM, ATM  debit, dan e-money.
e-money sangat  berbeda dengan kartu eletrik lainya disini e-money pra bayar, bukan pasca bayar,karena jika psca bayar itu merupkan kartu kredit, selain itu e-money diperuntukkan untuk jumlah transaksi yang kecil seperti 2 juta sampai dengn 7 juta, selain itu dalam e-money tidak menyimpan uangnya pada tabungan tetpi dlam e-money disimpan pada server seperti T-cash atau Dompetku karena e-money keluaran dari provider telekomunikasi.Alat pembayaran elektronik e-money ini sangat populer pada tahun ini banyak masyarakat yang lebih menggunakan e-money untuk bertransaksi, karena dianggapnya praktis dan aman jika dibawa kemna-mana, uang eletrik ini termasuk  alat pembayaran yang memudahkan bagi masyarakat Indonesia.
Pada beberapa bulan lalu ada e-money yang berbasis syariah yang bisa disebut dengan Truemoney merupakan satu-satunya uang eletrik yang berlebel halal, kenapa dikatakan halal? Karena dalam Truemoney ini tidak mengandung unsur Riba, True money sudah diaudit oleh MUI sehingga mereka menytakan bahwa True money merupakan satu-satun uang eletrik yang tidak mengandung unsur riba pasalanya, Truemoney ini d keluarkan oleh PT.Witami Tunai mandiri. Selain mendapat leglitas dari MUI True money juga mendapat legalitas dari Bank Indonesia.karena berbasis syariah maka True money ini nantinya dapat bekerja diseluruh transaksi syariah. True money sudah dikenalkan di berbagai madrasah, pondok pesantren dan lembaga lainya . pasalnya tujuan diciptakan e-money, True money myaitu memudahkan msyarakat dalam melakukan transaksi,keamanan serta mengurangi jumlah uang yng beredar dalam masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar