Blogroll

Minggu, 12 Juni 2016

Pena untuk Pemerintah

Pena untuk Pemerintah
                Kata inflansi merupakan kata yang tidak asing untuk didengar soleh masyrakat. Inflansi saat ini tidak hanya melanda ngara berkembang seperti negara Indonesia saja, hampir semua negara sedang mengalami kejadian gelombang pasang inflansi. Di dunia, sepertiga negara-negara berkembang rata-rata sudah pernah mengalami tingkat inflasi yang berada pada posisi dua digit, bahkan dibeberapa negara sudah mengalami hiperinflasi. Fenomena yang demikian ini diakibatkan ulah lonjakan harga minyak maupun komiditas lainnya dan tak lepas juga komoditas pangan. Kondisi demikian juga diakibatkan munculnya kenaikan harga pada tiap komoditas yang menyebabkan tingkat permintaan dan penawaran tidak stabil sebagimana mestinya.  Pengertian dari inflasi disetia negara adalah suatu keadaan di mana harga barang-barang secara umum mengalami kenaikan dan berlangsung dalam waktu yang lama terus-menerus. Harga barang yang ada mengalami kenaikan nilai dari waktu-waktu sebelumnya dan berlaku di mana-mana dan dalam rentang waktu yang cukup lama. Faktor – faktor secara garis besar yang menyebabkan munculnya inflansi adalah seperti kenaikan harga,bersifat umum, berlangsung secara terus – menerus.
            Fenomena berhasilnya negara indonesia mengurangi tingkat kenaikan laju inflansi ditahun 2015 seperti yang dikutip dalam berita diatas “Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka inflasi sepanjang 2015 (year on year/YoY) mencapai 3,35% dan menjadi yang terendah sejak 2010” telah membuktikan bahwa kebijakan – kebijakan pemerintah mengalami kemajuan dan keberhasilan. Keberhasilan ini dapat dikategorikan sebagai kejadian dimana permintaan dan penawaran terjadi secara seimbang, yang mengacu pada tingkat suku bunga nantinya dan dapat membuat laju pertumbuhan ekonomi semnakin meningkat. Dimulai dari harga – harga komoitas yang stabil, seimbangnya antara jumlah uang yang beredar dan masyarakat untuk berinvestasi dan konsumsi masyarakat yang wajar,sebanding dengan permintaan nya.

            Fenomena kejadian ini dapat menjadi acuan untuk tahun 2016 yang nantinya proses pertumbuhan ekonomi dapat mengalami kenaikan dan tanpa adanya kenaikan inflansi. Pemerintah sebaiknya lebih meningkatkan progam pengawasan harga. Dengan adanya progam ini, kebijakan pemerintah untuk menentukan harga maksimum suatu barang dapat megontrol laju pertumbuhan harga yang kadang dimainkan oleh pihak – pihak tertentu untuk mengambil keuntungan.  Dampak dari inflasi dapat mengakibatkan berkurangnya investasi di suatu negara, mendorong kenaikan suku bunga,ketidakstabilan ekonomi, defisit neraca pembayaran, dan merosotnya tingkat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar