Blogroll

Jumat, 17 Juni 2016

Ketika Suku Bunga Kredit Masih Enggan untuk Turun



Ketika Suku Bunga Kredit Masih Enggan untuk Turun
Keadaan suku bunga di Indonesia pada saat ini sedang mengalami fluktuasi yang cukup signifikan sehingga berdampak pada perekonomian di Indonesia. Selain karena adanya fluktuasi suku bunga, meningkatnya jumlah impor juga memicu keadaan perekonomian menjadi semakin memburuk. Dalam hal ini peran kebijakan moneter sangat diperlukan demi menjaga sektor – sektor lain agar tidak terpengaruh oleh fluktuasi suku bunga ini. Karena suku bunga dianggap penting sejak dilepaskannya sistem nilai tukar managed floating pada Agustus 1997 dan digantikan dengan sistem nilai tukar mengambang bebas. Untuk itu pemerintah mengambil kebijakan moneter dengan mencoba menurunkan tingkat suku bunga agar kegiatan investasi dapat berjalan dengan baik. Mengingat kegiatan investasi adalah salah satu penggerak dalam perekonomian. Menurut Nopirin (1992:176) tingkat bunga dalam perekonomian memiliki fungsi yaitu sebagai alokasi faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dipakai sekarang dan untuk di kemudian hari.
Selama ini besarnya tingkat suku bunga selalu menjadi tolok ukur dalam berinvestasi. Apabila suku bunga yang ditetapkan pemerintah tinggi, maka para investor akan enggan untuk menanamkan investasinya. Namun sebaliknya ketika suku bunga acuan mulai rendah, para investor sudah mempersiapkan target investasi yang menurutnya akan menguntungkan. Selain mengenai suku bunga acuan atau BI Rate, dalam kegiatan investasi juga dipengaruhi suku bunga kredit. Saat ini pemerintah mencoba untuk menurunkan suku bunga dasar pinjaman dengan harapan agar para investor dapat terus menyalurkan investasinya. Langkah awal yang dilakukan pemerintah yaitu dengan membatasi bunga deposito. Bunga deposito yang dimaksud disini adalah terkait dengan penempatan dana kementerian / lembaga dan BUMN. Bunga deposito perlu dibatasi agar biaya dana bank terkendali. Bunga kredit terbentuk atas beberapa komponen yang menyertai, diantaranya adalah biaya dana, premi risiko, margin bunga bersih, serta adanya biaya operasional. Sekitar 60 persen bunga kredit dipengaruhi oleh bunga simpanan. Keadaan likuiditas industri pada perbankan akan mengalami pelonggaran ketika giro wajib minimum ikut untuk diturunkan, sehingga hal ini dapat mencegah kenaikan pada bunga deposito dan memberikan bukti bahwa perekonomian masih dalam kondisi yang stabil.
Selain membatasi bunga deposito dan dana bank, pemerintah juga aharus mengawasi besarnya inflasi. Ketika inflasi mulai merangkak naik, maka tingkat suku bunga juga akan naik. Seperti yang kita ketahui, selama berjalannya tahun 2016, Bank Indonesia (BI) sebenarnya telah melakukan penuruan suku bunga acuan atau yang dikenal BI rate sebanyak dua kali. Diketahui sejumlah bank swasta menerapkan besarnya suku bunga deposito ke dalam rupiah dengan besaran 7 persen. Menurut pemerintah terdapat 3 bank milik BUMN yang juga menerapkan suku bunga deposito dalam 1 tahun diatas level yang di tetapkan. Beberapa bank tersebut diantaranya adalah Bank Negara Indonesia (BNI) yang menerapkan sebesar 7,75 persen, Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar 7,13 persen, kemudian Bank Tabungan Negara (BTN) menetapkan sejumlah 7. Sedangkan Bank Mandiri disini hanya menerapkan suku bunga deposito selama 1 tahunnya sebesar 6,25 persen. Sebenarnya besaran acuan yang ditetapkan oleh beberapa bank tersebut tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh.
Dengan semakin menurunnya tingkat suku bunga kredit, maka diharapkan akan membantu kegiatan konsumsi masyarakat. Masyarakat yang memiliki industri dapat lebih mengembangkan industrinya menjadi lebih baik dan mampu bersaing dengan industri lain. Dengan menurunnya tingkat suku bunga acuan yang juga diikuti oleh menurunnya tingkat suku bunga kredit, maka sektor riil dalam perekonomian diharapkan akan bergerak lebih cepat. Selain itu dengan diambilnya tindakan menurunkan tingkat suku bunga, maka hal ini dapat menjadi suatu pembauktian dunia bahwa negara Indonesia tidak begitu terpengaruh dengan wacana The Fed yang akan menaikkan tingkat suku bunga acuannya. Dengan demikian investor asing akan kembali yakin untuk melakukan investasi ke negara Indonesia. Apabila semakin banyak investor asing yang akan menanamkan saham ke Indonesia, maka juga akan berdampak positif terhadap perekonomian di Indonesia. Aliran dana yang akan masuk juga akan memberikan dampak positif bagi industri pasar uang di Indonesia, meskipun dalam kondisi secara global masih mengalami kelesuan. Ketika sektor riil sudah mencapai keadaan yang lebih baik, tentunya  akan mendorong kegiatan industri dalam negeri. Dalam jangka panjang hal ini akan dapat mengurangi berbagai masalah perekonomian. Ketika beberapa industri mulai bermunculan dan memiliki progres yang cukup signifikan, maka otomatis akan dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Dengan demikian permasalahan dalam ekonomi akan sedikit berkurang.
Namun apabila tingkat suku bunga turun secara drastis, maka juga akan memberikan dampak negatif bagi investor yang mungkin sudah dalam jangka waktu lama telah menanamkan sahamnya, yaitu mereka bisa saja mengalami kerugian yaitu harga saham yang anjlok. Sehingga investor jika akan menjual sahamnya maka mereka akan berpikir beberapa kali sebelum benar – benar menjual sahamnya. Sisi positif yang bisa masyarakat ambil dengan keputusan pemerintah yang berencana untuk menurunkan tingkat suku bunga kredit adalah agar kegiatan konsumsi masyarakat dapat terdorong dengan mudah. Selain itu jika suku bunga kredit akan turun, maka masyarakat dapat mengembangkan usaha dengan bantuan modal melalui pinjaman kredit di bank, karena suku bunganya yang sedikit mengalami penurunan. Masyarakat dapat merintis usaha atau UMKM yang kemungkinan membutuhkan modal yang tidak cukup banyak. Dengan demikian secara perlahan kualitas ekonomi masyarakat kita akan semakin membaik, masyarakat tidak hanya melakukan kegiatan konsumsi tetapi juga perlahan dapat merubah kehidupannya dan belajar untuk menjadi pribadi yang berkualitas.

Rachma Priasti Ramadhani
130810101154

3 komentar:

  1. Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata dan sah, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina elena roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 2 jam seperti yang dikatakan oleh perusahaan sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mendaftar dari karina roland dan beristirahatlah yakin bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1(585)708-3478 atau mengirim email ke karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia.

    BalasHapus
  2. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang baik karina roland untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ny. karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ny. karina dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Rola dan email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland 'untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  3. selamat hari untuk semua orang di indonesia dan juga untuk semua orang di asia, nama saya mrs. fatimah fahariah, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya ganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA, jadi saya yakin berjanji dan hubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat persetujuan lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, membuat saya bertanya kepada siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (585) 708-3478

    Akhirnya, saya ingin mendukung Anda untuk semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus